Selasa, 02 Maret 2010

rpp laju reaksi

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

LAJU REAKSI – 1

(KEMOLARAN DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LAJU REAKSI)

Mata Pelajaran : Kimia

Kelas / Semester : X / 1

Standar Kompetensi : 3. Memahami kinetika reaksi, kesetimbangan kimia, dan faktor- faktor yang mempengaruhinya, serta penerapannya dalam kehidupan sehari hari dan industri

Kompetensi dasar : 3.1. Mendeskripsikan pengertian laju reaksi dengan melakukan percobaan tentang faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi

I. Indikator:

1. Menghitung konsentrasi larutan (kemolaran larutan)

2. Menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi (konsentrasi, luas permukaan, suhu, dan katalis) melalui percobaan.

3. Menafsirkan grafik dari data percobaan tentang faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi.

II. Tujuan:

Siswa dapat,

1. Menghitung konsentrasi larutan

2. Membuat larutan dengan kemolaran tertentu

3. Menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi (konsentrasi, suhu, luas permukaan dan katalis)

4. Menafsirkan grafik faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi.

III. Materi Ajar :

o Kemolaran

o faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi

IV. Metode pendekatan:

  • Penyampaian informasi
  • Praktikum
  • Diskusi
  • Penugasan

V. Alokasi Waktu

o 6 Jam pelajaran

VI. Skenario Pembelajaran

Pertemuan Pertama: (2 jam pelajaran)

Materi ajar:

o Kemolaran

Kegiatan awal

o Salam pembuka

o Memeriksa kehadiran siswa

o Memeriksa PR, mencatat siswa yang tidak membuat PR.

Kegiatan Inti

o Melakukan percobaan dan diskusi kelas untuk membuat larutan dengan konsentrasi tertentu sesuai dengan LKS 3.1.

Kegiatan Akhir

o Menyimpulkan kemolaran, pengenceran dan cara membuat larutan dengan kemolaran tertentu.

o Memberi tugas untuk pertemuan berikutnya (Mempelajari LKS 3.2)

Pertemuan Kedua: (2 jam pelajaran)

Materi Ajar:

o Definisi laju reaksi

o Faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi

Kegiatan awal (5 menit)

o Salam pembuka

o Memeriksa kehadiran siswa.

o Memeriksa PR sepintas, mencatat siswa yang tidak membuat PR.

Kegiatan Inti (80 menit)

o Membahas PR: Buku paket, Latihan 3.1 (soal latihan tentang konsentrasi) (30 menit)

o Melakukan diskusi kelas untuk membahas definisi, cara menentukan dan menghitung laju reaksi sesuai dengan LKS 3.2 (45 menit)

o Membahas kegiatan berikutnya, yaitu praktikum untuk memepelajari faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi.

o Membagi siswa ke dalam 8 kelompok kerja:

Kelompok 1 s.d 4 : Pengaruh luas permukaan dan suhu

Kelompok 5 s.d 8 : Pengaruh konsentrasi dan katalis.

Kegiatan Akhir (5 menit)

o Menyimpulkan definisi serta cara menentukan laju reaksi.

o Memberi tugas untuk pertemuan berikutnya (Mempelajari LKS 3.3)

o Salam penutup.

Pertemuan Ketiga: (8 jam pelajaran)

Materi Ajar:

Faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi,

o Pengaruh luas permukaan

o Pengaruh konsentrasi

o Pengaruh suhu

o Pengaruh katalis

Kegiatan awal (5 menit)

o Salam pembuka

o Memeriksa kehadiran siswa.

o Memeriksa PR sepintas, mencatat siswa yang tidak membuat PR.

Kegiatan Inti (80 menit)

o Malakukan Percobaan dan diskusi kelas untuk membahas faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi sesuai dengan LKS 3.3.

Kegiatan Akhir (5 menit)

o Menyimpulkan faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi.

o Memberi tugas untuk pertemuan berikutnya (Mempelajari uji kompetensi dari LKS)

o Mengingatkan siswa untuk ulangan pada pertemuan berikutnya.

Pertemuan Keempat: (2 jam pelajaran)

Materi Ajar:

  • Ulangan harian.

Kegiatan awal (5 menit)

o Salam pembuka

o Memeriksa kehadiran siswa.

o Memeriksa PR sepintas, mencatat siswa yang tidak membuat PR.

Kegiatan Inti (80 menit)

o Membahas latihan (uji kompetensi) (30 menit)

o Ulangan harian tentang laju reaksi-1 (50 menit)

Kegiatan Akhir (5 menit)

o Memberi tugas untuk pertemuan berikutnya, yaitu mengerjakan LKS 3.4.

o Salam penutup.

VI. Alat / Bahan / Sumber Belajar :

Buku Kimia; LKS, multimedia, laboratorium.

VII. Penilaian:

A. PPK

Tagihan KIM-2116MP (Lihat kartu Soal)

B. Praktik

Tagihan KIM-2114MP (Lihat kartu soal)

C. Responsi

Tagihan KIM-2115MP (Lihat kartu soal)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar