Sabtu, 06 Maret 2010

tips hidup sehat

Kesehatan adalah hal yang penting dalam hidup kita. Saat sehat terkadang kita tidak terlalu memperdulikannya. Akan tetapi saat mengalami sakit baru kita sadai arti pentingnya menjaga kesehatan.
Ikutilah tips berikut ini untuk hidup sehat dan memiliki kualitas hidup yang baik, jalani hidup sehat mulai sekarang. Kesehatan adalah investasi yang sangat berharga. Karena itu, jadikanlah hidup sehat optimal sebagai kebiasaan Anda sehari-hari. Bagaimana Caranya ! Ikuti tips berikut ini :
1. Cukupilah Kebutuhan Gizi Anda
2. Hindarilah LemaK Berbahaya
3. Janganlah pernah Lupa Sarapan
4. Makan Sayur dan Buah yang cukup
5. Minum Air Minimal 8 Gelas Sehari
6. Pertahankan Berat Badan yang Ideal
7. Olah raga yang teratur
8. Cukup Istirahat
9. Hindarilah Rokok dan Minuman Beralkohol
10. Selalu Berpikir Positif
11. Luangkanlah Waktu Untuk Diri Sendiri
12. Perhatikanlah Kebersihan
13. Periksakanlah Kesehatan Anda Secara Teratur
14. Untuk Sumber Makanan, Minuman dan Suplemen pilihlah Bahan Alami
15. Mengkonsumsi Suplemen Sesuai Kondisi dan Kebutuhan Tubuh.

Selasa, 02 Maret 2010

rpp laju reaksi

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

LAJU REAKSI – 1

(KEMOLARAN DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LAJU REAKSI)

Mata Pelajaran : Kimia

Kelas / Semester : X / 1

Standar Kompetensi : 3. Memahami kinetika reaksi, kesetimbangan kimia, dan faktor- faktor yang mempengaruhinya, serta penerapannya dalam kehidupan sehari hari dan industri

Kompetensi dasar : 3.1. Mendeskripsikan pengertian laju reaksi dengan melakukan percobaan tentang faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi

I. Indikator:

1. Menghitung konsentrasi larutan (kemolaran larutan)

2. Menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi (konsentrasi, luas permukaan, suhu, dan katalis) melalui percobaan.

3. Menafsirkan grafik dari data percobaan tentang faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi.

II. Tujuan:

Siswa dapat,

1. Menghitung konsentrasi larutan

2. Membuat larutan dengan kemolaran tertentu

3. Menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi (konsentrasi, suhu, luas permukaan dan katalis)

4. Menafsirkan grafik faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi.

III. Materi Ajar :

o Kemolaran

o faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi

IV. Metode pendekatan:

  • Penyampaian informasi
  • Praktikum
  • Diskusi
  • Penugasan

V. Alokasi Waktu

o 6 Jam pelajaran

VI. Skenario Pembelajaran

Pertemuan Pertama: (2 jam pelajaran)

Materi ajar:

o Kemolaran

Kegiatan awal

o Salam pembuka

o Memeriksa kehadiran siswa

o Memeriksa PR, mencatat siswa yang tidak membuat PR.

Kegiatan Inti

o Melakukan percobaan dan diskusi kelas untuk membuat larutan dengan konsentrasi tertentu sesuai dengan LKS 3.1.

Kegiatan Akhir

o Menyimpulkan kemolaran, pengenceran dan cara membuat larutan dengan kemolaran tertentu.

o Memberi tugas untuk pertemuan berikutnya (Mempelajari LKS 3.2)

Pertemuan Kedua: (2 jam pelajaran)

Materi Ajar:

o Definisi laju reaksi

o Faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi

Kegiatan awal (5 menit)

o Salam pembuka

o Memeriksa kehadiran siswa.

o Memeriksa PR sepintas, mencatat siswa yang tidak membuat PR.

Kegiatan Inti (80 menit)

o Membahas PR: Buku paket, Latihan 3.1 (soal latihan tentang konsentrasi) (30 menit)

o Melakukan diskusi kelas untuk membahas definisi, cara menentukan dan menghitung laju reaksi sesuai dengan LKS 3.2 (45 menit)

o Membahas kegiatan berikutnya, yaitu praktikum untuk memepelajari faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi.

o Membagi siswa ke dalam 8 kelompok kerja:

Kelompok 1 s.d 4 : Pengaruh luas permukaan dan suhu

Kelompok 5 s.d 8 : Pengaruh konsentrasi dan katalis.

Kegiatan Akhir (5 menit)

o Menyimpulkan definisi serta cara menentukan laju reaksi.

o Memberi tugas untuk pertemuan berikutnya (Mempelajari LKS 3.3)

o Salam penutup.

Pertemuan Ketiga: (8 jam pelajaran)

Materi Ajar:

Faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi,

o Pengaruh luas permukaan

o Pengaruh konsentrasi

o Pengaruh suhu

o Pengaruh katalis

Kegiatan awal (5 menit)

o Salam pembuka

o Memeriksa kehadiran siswa.

o Memeriksa PR sepintas, mencatat siswa yang tidak membuat PR.

Kegiatan Inti (80 menit)

o Malakukan Percobaan dan diskusi kelas untuk membahas faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi sesuai dengan LKS 3.3.

Kegiatan Akhir (5 menit)

o Menyimpulkan faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi.

o Memberi tugas untuk pertemuan berikutnya (Mempelajari uji kompetensi dari LKS)

o Mengingatkan siswa untuk ulangan pada pertemuan berikutnya.

Pertemuan Keempat: (2 jam pelajaran)

Materi Ajar:

  • Ulangan harian.

Kegiatan awal (5 menit)

o Salam pembuka

o Memeriksa kehadiran siswa.

o Memeriksa PR sepintas, mencatat siswa yang tidak membuat PR.

Kegiatan Inti (80 menit)

o Membahas latihan (uji kompetensi) (30 menit)

o Ulangan harian tentang laju reaksi-1 (50 menit)

Kegiatan Akhir (5 menit)

o Memberi tugas untuk pertemuan berikutnya, yaitu mengerjakan LKS 3.4.

o Salam penutup.

VI. Alat / Bahan / Sumber Belajar :

Buku Kimia; LKS, multimedia, laboratorium.

VII. Penilaian:

A. PPK

Tagihan KIM-2116MP (Lihat kartu Soal)

B. Praktik

Tagihan KIM-2114MP (Lihat kartu soal)

C. Responsi

Tagihan KIM-2115MP (Lihat kartu soal)